Efektifvitas Pelatihan Komunikasi Publik Secara Daring Di BPSDM Provinsi DKI Jakarta Tahun 2020

Elva Simanjuntak, Yanto Suharto

Abstract


Pembelajaran secara daring menjadi alternatif strategi pelatihan dalam pengembangan kompetensi sumber daya manusia yang sejalan dengan perkembangan kemajuan teknologi di era 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas pelatihan komunikasi publik secara daring bagi Aparatur Sipili Negara yang diselenggarakan oleh BPSDM Provinsi DKI Jakarta dengan mengidentifikasi kemampuan fasilitator, ketercapaian hasil belajar, dan pelaksanaan pembelajaran. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap 7 responden yang terdiri dari 6 orang peserta, 1 orang fasilitator, 1 orang penyelenggara. Hasil wawancara diperoleh bahwa ketepatan waktu memulai dan mengakhiri pembelajaran sudah cukup baik, kemudahan dalam mendapatkan materi sudah baik, fasilitator mampu menguasai situasi, komunikatif, responsive, dan memotivasi. Hasil belajar yang diperoleh dari pretes dan postes peserta menunjukkan peningkatan nilai peserta secara keseluruhan. Pelaksanaan pembelajaran berlangsung dengan baik terlihat dari hubungan antara peserta dan pengajar cenderung positif, kemampuan fasilitator menguasai materi, situasi, responsive, aktif dikelas, memotivasi, dan lainnya. Hasil ini menggambarkan bahwa pembelajaran pelatihan komunikasi publik secara daring cukup efektif. Meskipun terdapat narasumber berpendapat pembelajaran secara klasikal lebih baik, namun pada umumnya menyatakan bahwa pelatihan komunikasi publik secara daring sudah cukup efektif.

Full Text:

PDF

References


Asiah, S. (2016). Efektifitas Kinerja Guru. Manajemen Pendidikan Islam. Volume 4, Nomor 2 Agustus.

Dewi, S. K. (2011). Efektifitas E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Mata Pelajaran TIK Kelas XI Di SMA Negeri 1 Depok (Sripsi) Universitas Yogyakarta. Yogyakarta.

Farid, A. S. (2013). Peningkatan Efektifitas Pada Proses Pembelajaraan. Mathedunesa.

Hamidah, A., & Sadikin, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Pendidikan Biologi ISSN 2580-0922(online), ISSN 2460-2612(print), Volume 6, Nomor 02 Hal 214-224.

Hanum, N. S. (2013). Keefektifan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto. Pendidikan Vokasi, Vol 3, Nomor 1 Februari.

Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran . Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial. V.10 n.1 Nov ISSN 2548-7175.

Julifan, J. A. (2015). Efektifitas Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan Berbasis Kompetensi Bagi Guru. Administrasi Pendidikan Vol.XXII No.2 Oktober.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkualiahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature Vol 3, No.1 Desember.

Meitaningrum, I. H., & Siswidiyanto. (2013). Efektifivitas Pendidikan Dan Pelatihan Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai (Studi pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Malang). Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, Vol 3No.3 h.192-199.

Muzid, & Munir. (2005). Persepsi Mahasiswa Dalam Penerapan E-Learning Sebagai Aplikasi Peningkatan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus Pada Universitas Islam Indonesia). Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2005 (SNATI 2005).

Ramadhani, M. (2012). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Pada Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMS Negeri 1 Kalasan (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Sugiyono (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA

Trisliatanto, D. A. (2019). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

Zhafira, Y. E., & Chairiyanto. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantiina Covid-19. Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen.Volume 4 Nomor 1, 2020 ISSN, 2614-2147.




DOI: https://doi.org/10.35880/inspirasi.v13i1.1872

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Inspirasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL INSPIRASI INDEXED BY:

 Google Scholar     Sinta   

__________________________________________________________________________________________________________

@2018Jl. Kolonel Masturi No.11, Cipageran, Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat 40511

Powered by OJS Modified donz